Mencoba si Fireblade

13 Jun

Fireblade

Masih inget si Ilham kan ? riding buddy saya waktu ke Palembang kemaren ? nahh tu anak nongol lagi ke Semarang tapi kali ini dia nggak naik Tigernya tapi pake Honda CBR 1000 RR Fireblade, yes ! a superbike. Seumur umur baru liat superbike di depan saya, jujur dimensinya gak beda jauh sama Kawasaki Ninja 250, padahal kapasitasnya 1000cc inline, bener sungguh ramping ntu motor, sempet saya ledekin si Ilham “Ham, tiger modif lu rapi bener. hahhahaahahhaahha”

Ilham menawarkan saya untuk mencoba motornya, woww mantaff…saya excited banget tapi saya akan mencobanya di hari minggu pagi dimana lalu lintas nggak begitu padat. Saya gak mau sembarangan bawa ni motor karena saya bener2 awam dan belum pernah mengendarai superbike. Ulasan ini saya nggak akan bicara teknis spesifikasi si Fireblade, tetapi akan lebih ke first impression saya mengendarai superbike 1000cc

Hari minggu pagi tiba, jam 6.15 saya udah tiba di hotel tempat Ilham nginep, sampe kamar si empunya masih molor terpaksa dibangunkan paksa utk ngambil kunci dan STNK hihihihihihhi…..balik ke basement si Fireblade udah nunggu dengan manisnya. Pake helm dan glove, hati saya makin berdebar. This is it ! my first time on superbike ! bisa ato gak nih? kalo kagok kan tengsin di jalan. Saya naikin si Fireblade, sidestand dinaikkan lalu saya agak goyang ke kiri kanan untuk menakar bobotnya…hmmmm…nggak terlalu berat, mirip2 Tiger fullbox + tank bag yg fully load. Setelah membiasakan dengan ukuran dan bobot saya mempelajari tombol2 di setang kiri kanan, layoutnya g jauh beda dengan tiger, cuma di setang kiri ada tombol lampu hazard. Setelah memahami layout tombol saya memutar kontak dan lampu otomatis hidup. Panel intrumen hidup, RPM menggunakan analog dan data lainnya digital, ada temperatur mesin, tripmeter dll….dan ternyata gak ada meteran bensin sodara sodara…..ahahahahhahhaa…..petunjuk bensin ditandai lampu merah di kiri bawah yang akan menyala apabila bensin ada di posisi reserve. Kontak dihidupkan, tanda check engine berupa kode “FI” idup beberapa detik (motor ini menggunakan PGM-FI/injeksi) lalu tombol start ditekan. Mesin menggelegar, muffler Akrapovic mengaum sangar hehehehhehe…..setelah menunggu suhu mesin sampe 70 derajat maka saya pelan2 menjalankan motor keluar.

Cluster Instrumen

Akrapovic Carbon Muffler

USD Showa & Tokico caliper

Ohlins Shock

Nebeng ahh...hihihihi....

Rute pemanasan dan pengenalan handling motor saya pilih melalui Pandanaran-Tugu muda-Gajahmungkur-Sultan Agung-Taman Diponegoro-Gajah Mungkur-Tugu muda-Siliwangi-Kalibanteng-Pasadena (rumah). Sungguh, bener2 kagok pertama mengendarai superbike, bukan soal ukuran dan berat tetapi cara membelokkna setang, kemudi seakan akan tidak mau dibelokkan, sekilas saya teringat teori counter steering, stelah dicoba diterapkan benar, motor nurut berbelok. Jadi ketika akan berbelok/miring ke kiri maka tangan kiri justru mendorong handle ke depan dan motor otomatis belok/rebah. Bener2 teori counter steering berlaku disini secara harfiah. Beda sekali dengan motor kecil. Kecepatan saya jaga 70-80 km/j selama pengenalan handling di dalam kota. Menjelang jalan ke rumah di Pasadena ketemu macet. Ampun ampun dah pake superbike dengan kondisi stop and go, kopling keras, berat badan bertumpu ke pergelangan tangan dan panas mesin mencapai 104 derajat. Hawa panas membakar paha bawah, dan pantat. “mateng2 dah biji gua” batin saya. Sampai rumah peregangan lagi dan poto2.

Begini suaranya Acrapovic Carbon Hexagonal Mufflernya, karena saya nggak sempet ngrekam, ini saya carikan di youtube

Heheheh sangar kan? kebayang dong gimana suaranya pas lari 180km/j?

15 menit peregangan saya bersiap ke sesi test ride yang sesungguhnya dengan rute Kalibanteng-Arteri-Jalan raya Semarang-Demak. Memasuki arteri semarang dengan jalan bumpy, saya jalankan motor dengan kecepatan 80-100 km/j. Redaman goncangan teredam sempurna oleh suspensi Up Side Down Showa dan Ohlins di belakang, dua2nya fully adjustable dan pada posisi medium depan belakang. Ibarat naik mobil eropa redamannya dan sangat stabil. Memasuki jembatan arteri yang halus dan lurus saya mencoba membetot gas. Selongsong gas yang sangat ringan diputar diiringi akselerasi spontan, badan terbetot ke belakang seketika, G Force beraksi memainkan perannya. Beberapa detik kemudian sampai gigi tiga dengan kecapatan 150 km/j jalan sudah habis, jantung berdegup kencang dan mengatur nafas saya mengarahkan hidung motor ke arah Terboyo.

Nebeng ama bini sebelum ngegas

Di jalan raya Semarang-Demak yang lurus dan mulus terhampar di depan saya, lalu lintas belum terlalu ramai. Segera saya buka gas dan di suatu ruas jalan yang lurus dan sepi tercapai kecepatan 185 km/j. Sumpah, pemandangan di kiri kanan saya langsung kabur saking cepatnya, badan merunduk dan helm saya dekatkan ke windshield. Sungguh sensasi yang belum pernah saya rasakan sebelumnya. Adrenalin rush langsung menyeruak. Jalan mulai padat dan saya mencoba utk overtaking dengan zig zag, teori counter steering berlaku lagi. Dengan mendorong setang ke kiri dan kanan maka motor dengan mulusnya ngikutin ke arah berlawanan untuk menyalip bis, mobil, motor dengan mulusnya. Torsi terasa rata dan gak ada habisnya seiring dengan putaran selongsong gas yang ringan. Kecepatan rata2 di jalan itu berkisar 100-120 km/j konstan dengan temperatur mesin ideal 70-80 derajat celcius. Sesampainya di Demak saya arahkan ke Masjid Demak untuk beristirahat.

Peregangan lagi, posisi merunduk membuat pegal bahu dan pergelangan tangan. Posisi dengkul mengapit tengki utk mengendalikan badan motor. Setelah 30 menit istirahat, saya bersiap kembali ke Semarang. Dengan menempuh jalan yang sama dan lalu lintas yang lebih padat saya menjalankan motor dengan lebih santai. Berkali kali saya memainkan akselerasi yang mantab di kisaran gigi 2-3 kecepatan 100 km/j sungguh nyaman sekali ni motor. Karena jalan makin ramai kecepatan hanya tercapai 140 km/j. Sempat lari 120 km/j tiba2 saya dikagetkan penyebrang jalan yang mendadak saya melakukan hard braking, handle rem depan yang sangat lembut dan pakem mampus cuma saya tarik dengan dua jari telunjuk dan tengah, motor langsung deselerasi secara ekstrem tanpa ada gejala goyang sama sekali, anteb. Saya sempat terlalu keras menginjak rem belekang dan roda belakang sempet terkunci beberapa detik. Citt…cit…citt…beberapa detik roda belakang terkunci tetapi tidak ada gejala bodi belakang ngebuang sama sekali. Tetep lempeng.

Masuk kota Semarang yang padat, mulai suhu mesin naik ke 90-101 derajat celcius, hawa panas dari mesin karena hembusan electric fan dan panas underseat muffler kerasa banget. Paha bawah kerasa terbakar begitu juga pantat. Di traffic light jalan Pemuda setelah lampu hijau saya geber motor sampai pak polisinya bengong hihihihi..*maap pak, panas niy* Melewati jalan Thamrin dan belok ke Pandanaran lalu masuk ke basement hotel. Dengan jantung yang masih berdegup saya pencet tombol engine cut off dan mesin pun mati. Melepas helem dan lepas glove, menghela napas. Sesi test ride pun usai, dengan meninggalkan paha dan pantat yang kepanasan. Thanks banget Ham, bener2 sensasi riding yang beda buat saya.

*diketik dengan jari2 yang masih gemetar*

43 Responses to “Mencoba si Fireblade”

  1. Dodi 13 June 2010 at 11:57 am #

    Widihhh muantabbb.. mas ke palembang donk… xixixiix

  2. ferandino 13 June 2010 at 12:07 pm #

    kog tante Jenny ga diajak om? hehe..
    pas hardbraking sliding ga om?

    • bimoadv 13 June 2010 at 12:42 pm #

      ban blakang sempet ngunci bentar, tapi gak ngebuang

  3. bennythegreat 13 June 2010 at 12:17 pm #

    Mantafff gan..lha kemarin sabtu aku di semarang lho..wah..tau gitu extend sampe minGgu deh..hehehe..

    Btw itu fireblade taon brapa oom?

    • bimoadv 13 June 2010 at 12:41 pm #

      lho? kok gag ngemeng2 ? itu taon 2006 om

  4. utenk 13 June 2010 at 12:20 pm #

    pertamax..!

    keerenn….

    • Bimo 14 June 2010 at 2:02 pm #

      Ahahahha iya bensinnya pake pertamax tenk…

  5. jahe 13 June 2010 at 12:53 pm #

    1000cc gt loh!hehehe,hmm ninja250 aja blm prnh naek sy,xixix

  6. Taufik 13 June 2010 at 2:03 pm #

    wahhh serasa jadi Jonathan rea

  7. Maskur 13 June 2010 at 2:21 pm #

    wah terbayang jelas rute2 yang dilalui..tapi gak kebayang yang namanya counter steering

    • bimoadv 13 June 2010 at 2:35 pm #

      Hehehehhe ya kayak gitu pak, keliatannya aneh tapi emang gitu kenyataannya kalo mo ngebelokin moge

  8. radit 13 June 2010 at 2:51 pm #

    MASSS BIIMMMMM, NTAR PAS MAEN KE SEMARANG NYOBAIN YAKKK….. AQ MINGGU DEPAN KE SEMARANG NEEHHHH (SEMANGAT MODE:ON)

    • bimoadv 13 June 2010 at 2:58 pm #

      Dit, motornye udah di jakarta, pan si Ilham udah balik

  9. uni_isech 13 June 2010 at 3:00 pm #

    kereeeeeen…mantabss banget, ngiler pengen diboncengin…:))

  10. edo 13 June 2010 at 3:05 pm #

    mantabsss bro…jadi pingin nih..hehehe

  11. aryo 13 June 2010 at 5:16 pm #

    like thissss…..coba bandingkan dengan HD Fat Boy…..pasti lebih nyaman…

    • Bimo 13 June 2010 at 8:12 pm #

      Hehehe…tetep prefer Fireblade lah, tarikan dan larinya gila bgt. Kalo harley lebih menang di suara kali ya hahahah *no offense*

  12. nadi 13 June 2010 at 7:21 pm #

    Sempet nampang di tongkrongannya abg-abg gak? manas-manasin gitu…. :mrgreen:

    • Bimo 13 June 2010 at 8:08 pm #

      Heheheh g ada om, malah di jalan dipanas2in motor2 biasa pas kena macet, malah mereka yang songong hahahahah….begitu lepas macet cukup dilibas pake gigi 2 aahahahahahahha….

      • nadi 14 June 2010 at 10:11 am #

        Pakai gigi 2, wah motornya alay-alay itu kenceng dong. Mestinya cukup gigi 1 aja bro. Kan bisa ampe 100 tuh. :-D

  13. agusta 14 June 2010 at 12:29 am #

    woowwwww…mantab… :)

  14. dhuwursblog 14 June 2010 at 9:11 am #

    wah helem nya cucok ma motor nya? :D

    moge gitu pake plat nomer apa gak sih mas bro? tp pulisi nya paling uda keder duluan kali mo ngejar…. :mrgreen:

    • Bimo 14 June 2010 at 2:00 pm #

      Hehehe ya pake plat nomer seperti motor lainnya mas, kayan bayar pajak komplit jd gak bodong, ada stnk bpkb. Legal dipake di jalan raya

  15. Andry 14 June 2010 at 9:41 am #

    sekalian sampe ke ambarawa bim tes nya .. :p

  16. funkademics 14 June 2010 at 11:49 am #

    hahahahha seru seru

  17. bukan jomblo lagi 14 June 2010 at 12:59 pm #

    hawa panas dari mesin karena hembusan electric fan dan panas underseat muffler kerasa banget.

    **ada yang lagi mbakar sate hehehe…**

  18. Ilham adiwibowo 14 June 2010 at 1:28 pm #

    Udah OM bayarin Aja..ntar Gw yg nganterin daaah kesana..huheheheh..udh dpt acc dr Mba jeny ini..hihihihi

    • Bimo 14 June 2010 at 1:56 pm #

      Hahahahaha…kalo ada duit jg gw kes keras tu ham *songong style*

      • ilham adiwibowo 15 June 2010 at 11:27 am #

        next bawa Honda ST 1300 ahh..*siul2…

  19. mijoeBLACK 14 June 2010 at 1:56 pm #

    wew fayerbled diluar biasa dipacu normal 180-200…. selamat om..sudah nyicip speed segetoh..hihihi

  20. asmarantaka 20 June 2010 at 12:43 pm #

    wihh…tau gitu buat kopdar sekalian Om..biar bisa njajal..xixixiixix..nice bike…keren dah….

  21. targha 20 June 2010 at 1:50 pm #

    sekalian aja mas bimo bawa ke Palembang tuh motor.. biar kami disini bisa ikutan ngerasain sensasi nya.. xixixixi

    • bimoadv 20 June 2010 at 1:56 pm #

      ahahahhahaha…cuappeekkkk

      • targha 20 June 2010 at 10:41 pm #

        Half Way Up; Tour de Andalas 14-21 October 2009 Part 3 nya mana om…??

  22. nunoe 22 June 2010 at 2:22 pm #

    sedeeppp…berasa ‘terbang’ hehehehe…

  23. hadi 24 June 2010 at 2:44 pm #

    mantaf…apalagi kalo dipake turing lintas sumatra….

  24. Supra XX 2 July 2010 at 9:10 pm #

    beli lagh
    tukerin dengan mobil silver tuh_

  25. ilham adiwibowo 9 July 2010 at 2:35 pm #

    suaranya bikin geregetan yah om??hahahaha

    • Bimo 9 July 2010 at 2:42 pm #

      nggak bisa dilupakan…..ckckckckc….

  26. shu_enk 27 September 2010 at 12:12 pm #

    Mangstab

  27. rherherandaru 28 February 2011 at 3:10 pm #

    keren pakkdeee….

  28. warung dohc 16 September 2011 at 10:03 am #

    pengen bgt iki aku mas! :(

    baru sekali ngerasain 848 evo, 150kpj .. Gear 2nd shift to 3rd, hiks penasaran fireblade , sapa mau pinjemin yo? :mrgreen:

  29. Brandy Grierson 24 December 2011 at 9:33 am #

    I am truly thankful to the holder of this web site who has shared this fantastic article at at this time.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: